Fitur Microsoft
Access 2007
Microsoft Office Access (ms.access) merupakan suatu
aplikasi database komputer relasional yang berguna bagi perusahan-perusahaan
kecil seperti kalangan rumahan hingga menengah. Berikut ini adalah
tampilan awal ketika kita membuka Microsoft Office Access 2007.
Pada
blog ini saya akan menjelaskan fitur-fitur apa saja yang terdapat pada
Microsoft Office Access 2007.
1.
Table
Tabel
pada ms.access merupakan tempat untuk menyimpan data yang mengikuti aturan
database relasional yang terdiri dari baris dan kolom. Pada tabel terdapat
kolom ID yang merupakan primery key dan terdapat Add New Field yang artinya
bisa menambah field baru pada database tersebut. Pada pembuatan tabel juga
terdapat tipe data diantaranya adalah text, memo, number, date/time, currency,
autonumber, yes/no, OLE object dan hyperlink dimana semua tipe data tersebut
memiliki fungsinya masing-masing.
2.
Query
Query
merupakan perintah- perintah untuk memanipulasi sebuah database seperti
menghapus, mengubah, memilih dan menggabungkan sebuah data. Adapun cara untuk
menggunakan query pada microsof access 2007 ini yaitu double klik Create Query
pada query. Kemudian pilih tabel yang ingin digunakan dalam query, misalnya
tabel mahasiswa. Query yang digunakan bisa disimpan dengan mengklik icon disket
kemudian diberi nama, dengan begitu kita bisa menggunakan query itu lagi namun
sesuai dengan isi databasenya. Adapula manfaat dari query diantaranya adalah:
· + Dapat menampilkan isi tabel yang kita
kehendaki. Misalnya kita ingin menampilkan nilai mahasiswa yang lebih dari 80.
Maka masukkan perintah select * from data where nilai > 80.
· + Dapat melakukan perhitungan seperti
kalkulator pada ms.access ini. Misalnya melakukan operasi penjumlahan 5+5. Maka
masukkan perintah select 5+5; maka akan keluar hasilnya yaitu 10.
3.
Form
Form
merupakan tempat untuk menampilkan data yang yang telah dibuat pada database.
Selain itu form juga berfungsi untuk membuat, memeriksa dan memperbaharui data.
4.
Report
Report
(laporan) pada Microsoft access 2007 berfungsi untuk menampilkan data atau mencetak
data yang telah dibuat pada sebuah database. Selain itu, report juga berfungsi
untuk merangkum dan mengolah data sehingga menjadi sebuah laporan yang siap
untuk dicetak. Adapun rangkuman data yang dapat dimasukkan adalah berupa total,
jumlah atau persentase dalam rincian report.
5.
Macro
Macro
pada Microsoft access 2007 berfungsi untuk menyimpan semua perintah otomatis
yang berhubungan dengan database yang telah dibuat. Adapun hal penting yang
harus diketahui dalam penggunaan fitur ini yaitu diperlukannya kemampuan
pemrograman yang handal.
6.
Module
Module
merupakan tempat untuk melakukan pemrograman pada beberapa aspek dalam
miscrosoft access.
Adapula
fitur-fitur tambahan dari Microsoft Access adalah sebagai berikut:
1.
Autoformat
Autoformat berfungsi
untuk memudahkan kita membuat report dengan mengunakan metode WYSIWYG (What You
See Is What You Get).
2.
Template Database
Template database
berfungsi seperti kontak aset, marketing dan proyek yang akan memudahkan kita untuk
membuat database tanpa harus mengetahui hal yang mendalam tentang database.
3.
Terdapat fasilitas kolaborasi dengan
Windows Share Point Service yang berfungsi untuk memudahkan kita untuk menshare
data dengan teman maupun orang lain dan juga bisa langsung diedit datanya
dengan menggunakan PC masing-masing.
4.
Terdapat data auditing yang berfungsi
untuk meningkatkan keamanan data dan kita bisa mengatur siapa saja yang berhak
untuk mengakses data pribadi kita.
5. Fitur baru yang lain yaitu mudah untuk
menyalin tabel dari Excel atau mengimpor data dari database yang lain contohnya
seperti SQL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar